February 2, 2009

Daging Bulet Siram Kuah

Bakso!! Dibanding jajanan-jajanan lain ya gw lebih prefer bakso. Jangan berpikir klo jajanan-jajanan lain yg dimaksud itu kaya nasgor, pecel ayam, tongseng, sate, soto kudus, capcay goreng, mie angsio sapi mendadak warung, sop iga haji abas, bubur ayam mang tatang, *waelah makin spesifik aje*. Klo dibanding semua itu ya bakso bisa kalah. Jajanan-jajanan lain yg dimaksud di sini itu semacem somay, batagor, mie ayam, yamin, cilok, cireng, permen, kacang *lha makin kecil*.

Tapi semua tergantung juga sih, klo gw liat baksonya gak berpotensi ya gw pilih salah satu jajanan lain itu. Lho gmn gw bisa tau itu bakso itu berpotensi apa engga klo belom nyoba? Nah itu dia, mungkin gw bisa bilang ini bakat *ehm*. Gw bisa bilang bakso itu enak, standar, biasa, kurang, hanya dengan ngeliat aja. Gak susah kok buat gw. Tinggal ngeliat doank juga *plak*.

Tapi beneran, bakso bisa kita perkirakan enak apa engga dengan ngeliat, bentuk, warna, dan ukuran. Klo baksonya bentuknya kaya kulit duren yg ada duri diluarnya, atau kaya rambutan tapi ini beneran ada rambut or bulu-bulu keriting gitu di luarnya, siapa yang mau makan juga kan?


Kedua warna. Kalo dari luarnya aja kita liat warnanya itu putih pucat pasih, lebih baik berpikir ulang deh. Bakso yg begituan biasanya pake banyak pengawet. Pilihlah warna bakso yang agak kecoklatan. Ya ke-co-kla-tan. Bakso yang agak kecoklatan menandakan bakso itu komposisinya pas, ya minimal dagingnya 60% dan terigu dkk 40% lah *ngarang*.

Terakhir ukurannya. Ukuran nih lumayan ngaruh, dan beberapa orang dalam hal ini setuju ma gw. Contohnya si Bungailalang. Bunga yg satu ini...sebentar-sebentar, kok gak enak ya manggil bunga. Mungkin terlalu ciamik. Hmm apa ya...Bunga? Nope. Bung? Nope. Unge? Hell no. Disingkat aja lah, Bungil? hmm..oke. Si Bungil ini paling doyan klo ada bakso gedenya. Klo gak ada bakso gedenya gw rasa buat dia nothing. (Oiya ngil ada warung bakso baru tuh di ampera yang lo banget deh, baksonya gedenya hampir menuhin satu mangkok baksonya sendiri, terus gak bgitu keras a.k.a kekenyalannya paslah). Oke BTT, ukuran emang ngaruh. Siapa juga yang mau beli kalo baksonya segede upil? Yang ada namanya bukan bakso dikuahin tapi kuah dibaksoin. Aneh bukan?

9 comments:

  1. bwuahahaha iya bener kal
    emang bisa ditebak dr tampilan, klo putih2 gitu gw gak tertarik, tepung doang rasanya...
    sama kayak bungil, gw sukanya bakso yg gede2 gitu, mantaaap dan puas makannya..

    si bungailalang itu, yg waktu itu.. sebut saja Melati lah ya, nyahahaha

    ReplyDelete
  2. Rinella: iya rasa tepung doank dan gak terlalu kenyal.

    ahahaha yang terakhir tetep ya mpok. masih inget aja. gak salah dah dipercaya jd ketua plurktainment masa jabatan 2008 - 2013 hihihi

    ReplyDelete
  3. cikaaaaaaallll...would u to call me "bunga" ajah terdengar lebih manis daripada bukaji heheh
    well! bakso itu emank enak..dan knp bakso yg gede itu lebih mantap karena pas dibelah daging cincangnya berhamburan (MMM) jadi pengen lagi :P

    -bungailalang-

    ReplyDelete
  4. bunga? oke bung. baik jd bagaimana pertandingan sepakbola dini hari ini bung? ahahaha. jadi malah kaya bung kusnaini komentator bola :p

    iya emg enak klo isinya daging cincang..yumm

    ReplyDelete
  5. Di bandung, di margahayu, ada bakso guedeee pisan. Isi bakso bulet nan besar ituh ada telor ayam (bulet) 1, trus ada ati plus ampela. Beeeuuhhh... Enyaaakk pissaaaaaannn!!! (hungry)

    ReplyDelete
  6. Wih, tulisan ilmiah ini gue rasa patut diganjar dengan hadiah Nobel Perdamaian, Kal.. Ahaha..

    Iye, gue juga paling males ama bakso yang warnanya pucet. Apalagi kalo enteng (isinya angin doang).

    Gue gak gitu getol bakso sih, tapi gak nolak kalo pergi makan Bakso Atom sekarang. Hmmm..

    ReplyDelete
  7. Ucrit: segera menyusul ;)

    Met-met: wahahaha...jauh bet. klo gw bakso gede tp isinya telor satu malah males met coz pasti balutan baksonya sendiri tipis jadinya. gak berasa makan bakso :p. tp penasaran bakso make ati ampela tuh kaya apa jadinya. di luarnya apa bwt isi dalem baksonya gitu met?

    Aga: hyaaaaa...malah nobel perdamaian dah. iya Ga enteng. ma klepus gitu aja gak ada sensasi gigitannya. nyahahaha..bakso atom mah emg puass. kapaan?!! (hungry)

    ReplyDelete
  8. ati ampelanya di dalem bakso bulet gede nan mantap itu kal. aje gile banget deh rasanya *pingsan*

    ReplyDelete